vANALISIS JURNAL
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN
KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU SELULER IM3 MELALUI MOTIVASI KONSUMEN
(Studi Pada Pengguna IM3 di Malang)
Persaingan antar kompetitor di bidang telekomunikasi
yang semakin ketat mengharuskan setiap [erusahaan memiliki strategi yang tepat
dalam menjual poduknya. Pemasaran yang moern tidak hanya berorientasi pada
bagaimana cara mengembangkan produk, memberi tarif ataupun harga yang menarik
dan membuatnya terjangkau oleh pelanggan . akan tetapi sebuah perusahaan harus
menjalin komunikasi yang baik pula dengan para konsumen, sehingga dapat
menampung aspirasi dan keinginan masyarakat yang di tujukan untuk memenihi
kebutuhan dan keinginannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat
menetapkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat sehingga perusahaan dapat
meng-capture perilaku konsumen yang
ada yang nantinya mneciptakan motivasi yang erpengaruh pada keputusan
pembelian.
Dalam kasus ini perusahaan Indosat IM3 mencoba
membangun komunikasi pemasaran yang baik dengan para pelanggannya, hal ini
ditujukan untuk menumbuhkan motivasi dalam diri konsumen sehingga konsumen mau
untuk memakai produk IM3 tersebut. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa
konsumen menilai komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Indosat
IM3 dapat menumbuhkan motivasi konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku
konsumen atas keputusan pembelian di pengaruhi oleh faktor psikologis yang
timbul dari motivasi konsumen tersebut.
Perusahaan indosat
IM3dalam menilai perilaku konsumen sangatlah tepat, pasalnya konumen
dalam memilih suatu provider cenderung memilih yang murah, akses internet
cepat, dan banyak bonus yang di dapatkan.hal tersebut sudah di terapkan oleh
perusahaan indosat IM3 yang menawarkan fasilitas atas providernya yaitu dengan
harga yang terjangkau, dan penggunaan internet sekali bbayar (tanpa adanya
tambahan biaya lain), serta seringkali mengadakan undian maupun bonus-bonus
yang mungkin bisa di dapatkan oleh pengguna IM3.
Dalam hal ini ada beberapa elemen penting yang dapat
di simpulkan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap motivasi dan
keputusan pembelian konsumen pada produk indosat IM3. Dimana elemen tersebut
saling berkaitan yaitu:
a. Komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap perilaku
konsumen yang nantinya kan menimbilkan motivasi pada diri konsumen.
b. Motivasi berpengaruh terhadap keputusan konsumen
dalam menggunakan kartu selular IM3.
c. Komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen.
Jadi dari analisis jurnal tersebut dapat disimpulkan
bahwa komunikasi pemasaran sangatlah berpengaruh terhadap keputusan pembelian
seorang konsumen dalam menggunakan ataupun memilih produk.
No comments:
Post a Comment