kantongtangan.com: PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
  • Home
  • Tentang kantongtangan.com
  • Kumpulan Puisi
  • PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

    PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU MEREK DONATELLO
    (Studi Pada Toko Sepatu Donatello Malang Jln Kawi No. 46)
    ISMAIL HASAN
    A.    LATAR BELAKANG
    Penelitian ini didasarkan karena melihat adanya persaingan usaha yang semakin ketat yaitu dalam hal perluasan pangsa pasar dan untuk mendapatkan konsumen baru. Maka dalam hal ini, perusahaan dituntut untuk semakin teliti dalam melihat peluang pasar yang ada, terutama perilaku konsumen yang terus berkembang karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi dalam keputusan pembelian mereka. Proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk sepatu tertentu sangat penting untuk diketahui para pengusaha sepatu melalui kajian perilaku konsumen. Proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh lingkungan eksternal yang terdiri dari bauran pemasaran dan lingkungan social budaya serta lingkungan internal yang terdiri dari motivasi, kepribadian, pembelajaran, persepsi, dan sikap. Penelitian ini memfokuskan perilaku konsumen yang terdiri dari Kelompok Referensi, Gaya Hidup, dan Kelas Sosial. Penelitian dilakukan di Toko Sepatu Donatello Malang Jln Kawi No. 46. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap minat pembelian serta pengaruh yang sangat dominan diantara ketiga perilaku tersebut.


    B.     METODE ANALISIS
    Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu serta menggunakan data-data angka yang dianalisis menggunakan statistik. Metode yang digunakan antara lain: kuesioner dan wawancara. Variabel perilaku konsumen terdiri dari  Kelompok Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), Kelas Sosial (X3) terhadap Keputusan Pembelian(Y).

    C.     HASIL PENELITIAN
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka adapun hasilnya adalah sebagai berikut:
    1.      Perilaku konsumen yang meliputi variabel Kelompok Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), dan Kelas Sosial (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian(Y).
    2.      Perilaku konsumen yang meliputi variabel Kelompok Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), dan Kelas Sosial (X3) secara parsial hanya Kelompok Referensi (X1) yang berpengaruh secara parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian(Y).
    3.      Dari ketiga variabel Kelompok Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), dan Kelas Sosial (X3) yang berpengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian(Y) adalah Kelompok Referensi (X1).

    D.    KESIMPULAN

    Dalam proses pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Pengambilan keputusan konsumen merupakan tindakan dimana konsumen mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternative dan memilih salah satu diantaranya. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kelompok referensi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu merek Donatello, karena kelompok referensi dijadikan sebagai acuan dalam membentuk perilaku konsumen.

    No comments:

    Post a Comment

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You Menjadi diri sendiri adalah salah satu kunci sukses menggapa...