PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU
MEREK DONATELLO
(Studi Pada Toko Sepatu Donatello Malang Jln Kawi No. 46)
ISMAIL HASAN
A.
LATAR
BELAKANG
Penelitian ini
didasarkan karena melihat adanya persaingan usaha yang semakin ketat yaitu
dalam hal perluasan pangsa pasar dan untuk mendapatkan konsumen baru. Maka
dalam hal ini, perusahaan dituntut untuk semakin teliti dalam melihat peluang
pasar yang ada, terutama perilaku konsumen yang terus berkembang karena banyak
faktor yang dapat mempengaruhi dalam keputusan pembelian mereka. Proses
pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk sepatu tertentu sangat
penting untuk diketahui para pengusaha sepatu melalui kajian perilaku konsumen.
Proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh lingkungan eksternal yang terdiri
dari bauran pemasaran dan lingkungan social budaya serta lingkungan internal
yang terdiri dari motivasi, kepribadian, pembelajaran, persepsi, dan sikap. Penelitian
ini memfokuskan perilaku konsumen yang terdiri dari Kelompok Referensi, Gaya
Hidup, dan Kelas Sosial. Penelitian dilakukan di Toko Sepatu Donatello Malang
Jln Kawi No. 46. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
perilaku konsumen terhadap minat pembelian serta pengaruh yang sangat dominan
diantara ketiga perilaku tersebut.
B.
METODE
ANALISIS
Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu untuk meneliti pada
populasi dan sampel tertentu serta menggunakan data-data angka yang dianalisis
menggunakan statistik. Metode yang digunakan antara lain: kuesioner dan wawancara.
Variabel perilaku konsumen terdiri dari Kelompok
Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), Kelas Sosial (X3) terhadap Keputusan
Pembelian(Y).
C.
HASIL
PENELITIAN
Berdasarkan penelitian
yang dilakukan, maka adapun hasilnya adalah sebagai berikut:
1.
Perilaku
konsumen yang meliputi variabel Kelompok Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), dan
Kelas Sosial (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Keputusan
Pembelian(Y).
2.
Perilaku
konsumen yang meliputi variabel Kelompok Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), dan
Kelas Sosial (X3) secara parsial hanya Kelompok Referensi (X1) yang berpengaruh
secara parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian(Y).
3.
Dari
ketiga variabel Kelompok Referensi (X1), Gaya Hidup (X2), dan Kelas Sosial (X3)
yang berpengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian(Y) adalah
Kelompok Referensi (X1).
D.
KESIMPULAN
Dalam proses
pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh perilaku konsumen dalam
memenuhi kebutuhannya. Pengambilan keputusan konsumen merupakan tindakan dimana
konsumen mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternative dan memilih salah
satu diantaranya. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kelompok
referensi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian
sepatu merek Donatello, karena kelompok referensi dijadikan sebagai acuan dalam
membentuk perilaku konsumen.
No comments:
Post a Comment