kantongtangan.com: Analisi Buku dan Gambarannya
  • Home
  • Tentang kantongtangan.com
  • Kumpulan Puisi
  • Analisi Buku dan Gambarannya

    Tugas Kapita Selekta Ekonomi Islam 7 ES A
    Nama : M Ugi Apriyadi
    NIM : 1423203017
    1. Judul Buku : Ekonomi Islam (Prinsip, Dasar, dan Tujuan)
    Pengarang : Abdullah Abdul Husain at-Tariqi
    Synopsis :
    Buku ini memberikan gambaran bahwa ekonomi Islam tidak hanya tampak dalam konsepsi global, namun juga tercermin dalam praktik-praktik aplikatif aktivitas ekonomi. Walaupun terdapat beberapa persamaan dengan sistem ekonomi yang lain, namun tetap ada perbedaan pandangan. Hal itu dapat dilihat dalam aktivitasnya, seperti idealitas transaksi, bagi hasil, asuransi, jaminan, deposito, pinjaman, jual beli,valas dah saham, premi dan transaksi perbankan. Dan aktivitas-aktivitas tersebut dapat bernilai ibadah manakala proses yang melingkupi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Islam.
    2. Judul Buku : Ekonomi Makro Islam (Pendekatan Teoritis)
    Pengarang : Nurul Huda, dkk.
    Synopsis :
    Buku ini adalah sebuah usaha konstruktif merespon perkembangan kontribusi terhadap pengembangan konsep dan teori ekonomi bernuansa Islam, khususnya dalam bidang makro ekonomi. Karenanya, tiga isu utama ekonomi makro (pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran) akan menjadi fokus utama buku ini dan diuraikan dalam sembilan bab komprehensif. Bab I Konsep dasar ekonomi Islam, Bab 2 Pendapatan nasional dalam perspektif ekonomi Islam, Bab 3 dan 4 Sistem perekonomian tertutup dengan dan tanpa kebijakan pemerintah, Bab 5 dan 6 Konsep dasar permintaan uang dalam perspektif ekonomi Islam dan uraian tentang Dinar-Dirham, Bab 7 Keseimbangan pasar barang dan pasar uang, Bab 8 Inflasi, Bab 9 Keseimbangan antara Agregat Demand dan Supply. Buku ini juga menutup uraian penting tentang bunga bank dan riba yang selalu menjadi bahan perbincangan menarik ketika orang berbicara tentang praktik ekonomi Islam.
    3. Judul Buku : Ekonomi Mikro Islami
    Pengarang : Ir. Adiwarman A.Karim, S.E, M.B.A., M.A.E.P
    Sinopsis :
    Ekonomi islam bukan hanya terbatas pada soal bank syariah saja, namun harus mencakup pula ekonomi makro, ekonomi mikro, kebijakan moneter, kebijkan fiskal, pembiyaan publik hingga konsep pembangunan. Dalam buku ini, penulis menggali kembali konsep, variabel, dan teori-teori ekonomi yang telah diidentifikasi oleh para pemikir ekonom muslim, seperti Ibn Taimiyah, Ibn Khaldun dll, dimana pemikirannya masih sangat relevan dengan ekonomi modern.
    4. Judul Buku : Prinsip-prinsip Ekonomi Islam
    Pengarang : Muhammad
    Sinopsis :
    Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam merupakan salah satu mata kuliah profesi yang diajarkan pada Program Studi Ekonomi Syari’ah. Buku ini ditulis dalam rangka memenuhi kekurangan dan kelangkaan referensi atau acuan dalam mempelajari mata kuliah dimaksud. Meskipun penyajian materi dalam buku ini sederhana, namun tetap mengacu pada pada substansi dan inti kurikulum dan silabis yang diajarkan untuk mata kuliah bersangkutan. Buku ini terdiri dari enam bab yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Bab pertama, menyajikan hakikat atau ontologi, konfigurasi dan azas-azas ekonomi Islam. Problematika ekonomi kontemporer yang diangkat dalam bab dua menyajikan beberapa sub bahasan meliputi problema paradigma keilmuan, problema ekonomi sebagai disiplin ilmu bebas nilai, problema ketimpangan sosial ekonomi antara negara. Pada bagian akhir bab ini mempresentasikan nilai-nilai Islam sebagai tawaran ke arah reorientasi ekonomi sejati. Bab tiga buku ini secara khusus membahas permasalahan aktual di seputar trend liberalisasi dan permasalahan ekonomi dengan sub bahasan berupa hakikat liberalisasi, isi liberalisasi dan implikasi terhadap ekonomi mikro. Bab empat menyajikan landasan Islam dalam pembangunan ekonomi yang terdiri dari landasan filosofis, landasan etika dan moral, landasan ekonomi dan bisnis dan landasan sosial. Dua bab terakhir yaitu bab lima dan bab enam menyoroti bagaimana nilai-nilai agama bisa memformat pembangunan ekonomi secara ideal. Secara khusus dalam bab enam menawarkan paradigma Islam dalam pemberdayaan ekonomi mikro.
    5. Judul Buku : Ekonomi Islam Analisis Mikro & Makro
    Pengarang : Abdul Aziz
    Sinopsis :
    Dalam buku ini dinyatakan bahwa sistem perekonomian yang berlangsung dewasa ini telah memasuki masa-masa sulit terutama kapitalis dan sosialis. Dimana kedua sistem tersebut telah gagal mensejahterahkan kehidupan manusia modern secara utuh. Hal ini nampak adanya kehampaan rohani yang telah melanda manusia-manusia modern sosialis dan kapitalis, sehingga memberikan peluang besar bagi homoeconomicus oriented yang hanya memandang kehidupan hanya dinilai dari aspek materi, sehingga menciptakan mainstream bahwa kesejahteraan hanyalah diukur dari keberhasilannya memperbanyak materi dan kekayaan semata. Akibatnya, manusia cenderung materialistis dan mengahalalkan segala cara untuk mengabulkan keinginannya. Kehadiran ekonomi islam dan sistem perekonomiannya yang mulai menggeliat ditengah kehidupan kapitalis global dan pemerintahan yang otoriter diharap mampu menyuguhkan kesejahteraan hakiki, antara aspek duniawi maupun ukhrawi baik secara individu, kelompok, masyarakat bangsa, negara dan agama.
    6. Judul Buku : Hukum Ekonomi Syariah
    Pengarang : Prof. Dr. H. Zainuddin Ali, M.A.
    Sinopsis :
    Ekonomi Syariah adalah suatu studi yang mempelajari cara-cara manusia mencapai kesejahteraan dan mendistribusikannya berdasarkan hukum islam. Kesejahteraan adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai dan harga, mencakup harta dan kekayaan, dan jasa yang diproduksi dan dialihkan, baik dalam bentuk menjual dan dibeli oleh para pembisnis maupun dalam bentuk transaksi lainnya yang sesuai ekonomi syariah.
    7. Judul Buku : Prinsip Dasar Ekonomi Islam Prespektif maqashid al-syariah
    Pengarang : Dr. Abdul Kadir Riyadi, Lc., M.S.Sc dkk
    Sinopsis :
    Pada dasarnya maqashid al-syariah merupakan dasar ekonomi islam yang berasal dari Allah SWT yang bertujuan memberikan kemaslahatan pada manusia berupa kebutuhan dlaruriyah, hajuyah, dan tahsiniyah supaya manusia dapat hidup dalam kebaikan dan menjadi hamba-Nya yang baik. Produksi barang kebutuhan dasar secara khusus dipandang sebagai kewajiban sosial sehingga dapat memwujudkan kesejahteraan masyarakat melalui keadilan pendistribusian. Dalam buku menyatakan bahwa “prinsip dasar ekonomi islam ini tidak saja menjadi tujuan dan esensi ekonomi islam, tetapi juga sebagai dasar bangunan ekonomi islam.
    8. Judul Buku : Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah
    Pengarang : Naf'an
    Sinopsis :
    Buku Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah ini merupakan wujud pengembangan konsep Ekonomi Islam yang dianggap sebagai konsep pilihan untuk mewujudkan semua itu. Buku ini terdiri dari 15 bab yang dimulai dari Sejarah Ekonomi Makro, Konsep Sumber Daya dalam Ekonomi Islam, Analisis Kegiatan Ekonomi Klasik Keynes dan Masa Kini, Uang dalam Ekonomi Islam, Pandangan Para Ekonom Muslim Tentang Uang, Teori Permintaan Uang dalam Islam, Inflasi dalam Ekonomi Islam, Inflasi dan Pengangguran, Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi, Kebijakan Moneter Islami, Kebijakan Fiskal dan Distribusi Ekonomi dalam Islam, Pendapatan Nasional, Baitul Mal: Apbn dalam Perspektif Ekonomi Islam, Pertumbuhan dalam Ekonomi Pembangunan Islam dan Perdagangan Internasional dalam Literatur Islam. Buku ini disajikan dengan pendekatan komparasi antara konsep ekonomi konvensional dengan konsep ekonomi Islam sehingga pembaca bisa membandingkan perbedaan-perbedaan antara kedua konsep, serta bisa mencari celah untuk mengembangkan lebih lanjut konsep ekonomi Islam secara makro. Sehingga pantas jika sumbangan pemikiran ini sepatutnya disambut dengan hangat oleh umat muslim dan juga seluruh lapisan masyarakat yang telah lama merindukan terwujudnya kesejahteraan hakiki dalam hidup berekonomi.
    9. Judul Buku : Falsifikasi Kebijakan Fiskal di Indonesia Perspektif Islam; Menemukan Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah Tentang Keuangan Publik Sebagai Potret Khazanah Kebijakan Fiskal Periode Klasik Islam.
    Pengarang : Minarni., S.E.I., M.Si.
    Sinopsis :
    Kesejahteraan ekonomi akan selalu menjadi dambaan bangsa Indonesia. Dalam usaha mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan sosial, pemerintah Indonesia menjadikan kebijakan moneter dan fiskal sebagai senjata utama. Tentu saja kondisi yang ada saat ini sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan masa awal kemerdekaan. Namun, sepanjang guratan jejak kehidupan bangsa masih tidak sedikit kelompok masyarakat yang belum mampu menikmatinya secara layak.
      Buku ini ditulis untuk mendiskusikan tema kesejahteraan ekonomi dari sudut pemikiran Islam klasik milik seorang ulama besar, Ibnu Taimiyah. Pemikiran beliau tentang keuangan publik disandingkan dengan “pemikiran” pengambil kebijakan fiskal di Indonesia sehingga diperoleh pembandingan yang logis dan berimbang. Melalui goresan pena beliau, Ibnu Taimiyah mengusahakan adanya transformasi sosial ke arah yang lebih baik. Berangkat dari kegelisahan akademik tentang kesejahteraan ekonomi di Indonesia, buku ini juga salah satu usaha transformasi sosial, mengingat Islam telah menawarkan pedoman umum solusi seluruh permasalahan manusia. Pada akhirnya, tergantung upaya manusia itu sendiri dalam memilih jalan hidupnya. Manusia hendaknya selalu ingat bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak pernah menyia-nyiakan usaha hamba-Nya.
    10. Judul Buku : Ekonomi Islam; Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam.
    Pengarang : Sumar'in, S.EI.,M.Si.
    Sinopsis :
    Hadirnya ekonomi Islam dimuka bumi bukanlah sebuah ilmu baru yang timbul oleh pemikiran dan buah karya manusia. Ekonomi islam sesungguhnya telah ada bersama hadirnya Islam di muka bumi, dalam hal ini konsep ekonomi dalam perspektif Islam menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari ajaran dan pedoman Islam itu sendiri. Ekonomi Islam telah diajarkan dan dipraktekkan oleh Rasulullah SAW sebagai pembawa risalah Islam. Karena bagaimanapun Islam dan ekonomi adalah sebuah bagian yang utuh yang tidak bisa dilepaskan. Sehingga didalamnya kajian ilmu ekonomi Islam tidak akan bisa dilepaskan antara kajian ekonomi normative yang diterjemahkan dalam ilmu ekonomi positif perpaduan antara nilai normative dan teori ilmu positif merupakan body of Islamic economic itu sendiri.
      Buku ini disusun secara umum dalam dua kategori besar yakni tentang Kajian tentang Fundamental Ekonomi Islam yang meliputi Bab I Konsep Dasar Ekonomi Islam, Bab 2 Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Bab 3 Mazhab Ekonomi dan Rancang Bangun Ekonomi Islam serta Bab 4 Perbandingan Sistem Ekonomi Dunia. Adapun bagian kedua yakni tentang kajian Ekonomi Mikro Islam secara lebih ekplisit. Yakni Bab 5 Teori Konsumsi dalam Perspektif Islam, Bab 6 Teori Permintaan Islami, Bab 7 Teori Penawaran Islami, Bab 8 Teori Produksi Islami dan Ba.b 9 Mekanisme Pasar Islami sebagai bab akhir dari tulisan ini.
    11. Judul Buku : Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syariah
    Pengarang : Muhammad
    Sinopsis :
    Nilai-nilai moral dan religius dalam sistem ekonomi konvensional seringkali tidak mempunyai wibawa dan nilai apa-apa, bahkan dianggap sebagai rintangan untuk mencapai tujuan-tujuan dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Akibatnya, pembangunan ekonomi menghasilkan disorientasi nilai-nilai (moral dan religius), yang pada gilirannya menimbulkan depresi mental dan keterasingan diri. Fenomena ini memunculkan kekhawatiran secara luas dikalangan ilmuwan yang berhaluan kritis.
    12. Judul Buku : Konsep Kelembagaan Bank Syariah
    Pengarang : Sumar'in, S.EI, M.S.I
    Sinopsis :
    Sesungguhnya embrio kemunculan Bank Islam (red: Syariah) sudah dimulai pada tahun 1940-an, dengan dimulainya diskusi dan tulisan tentang gagasan keuangan yang berdasarkan bagi hasil. Setidaknya ditemukan beberapa penulis awal tetang konsep keuangan berbasis bagi hasil dan mencoba menghilangkan praktik bunga di antara lain Anwar Qureshi (1946), Naiem Siddiqi (1948) dan Mahmud Ahmad (1952). Uraian dan ide yang lebih terperinci mengenai gagasan mengenai perbankan Islam dilanjutkan oleh ulama besar Pakistan, yakni Abul A'la Al-Mawdudi (1961) serta Muhammad Hamidullah (1944-1962)
      Lahirnya Bank Syariah sebagai sebuah institusi bisnis yang menjadikan system dan mekanisme operasional berdasarkan nilai dan prinsip islam, mengacu kepada ketentuan-ketentuan Al-Qur'an dan Hadits. Merupakan sebauh konsekwensi dari sebuah pemahanan utuh tentang Islam itu sendiri yang merupakan ajaran komperhensif dan universal dalam kehidupan manusia.
      Atas dasar ini bagi para praktisi maupun akademisi maupun para pengkaji bank syariah (mahasiswa) dituntut untuk mempunyai pemahaman yang luas dan menyeluruh tentang Islam maupun bank Syariah. Untuk itu kajian tetang, Islam dan ekonomi, prinsp transasksi dalam Islam, konsep riba, aspek hukum bank syariah, peluang dan tantangan, maupun bentuk kelembagaan bank syariah yang terkait dengan produk dan pengembangan serta pola kelembagaan dan manajemen sangat penting untuk terus dikaji dan diperdalam. Atas dasar itu pula buku ini berusaha untuk menjawab dan menjadi literature atas permasalahan dan tema kajian diatas.
      Akhirnya buku ini merupakan salah satu referensi untuk melengkapi kebutuhan dalam pengkajian dan pengayaan pemahaman lembaga perbankan Syariah. Penulis berusaha untuk mendekatkan sebuah kajian filosofis normative menuju pendekatan empiric praktis yang menjadi tuntutan dan kebutuhan dalam pengembangan kelembagaan bank Syariah itu sendiri.
    13. Judul Buku : Lembaga Ekonomi Syariah
    Pengarang : Muhammad
    Sinopsis :
    Lembaga Ekonomi Islam adalah salah satu keahlian yang diajarkan pada Program Studi Ekonomi Syari'ah. Buku Lembaga Ekonomi syariah ini adalah salah satu buku yang dapat dijadikan referensi.Buku ini terdiri dari delapan bab yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Dua fokus utama yang menjadi titik tekan pembahasan buku ini, yaitu lembaga ekonomi dan keuangan Islam, Bank dan lembaga ekonomi dan keuangan Islam non-Bank yang meliputi bait al mal, pegadaian syari'ah, asuransi syari'ah dan koperasi syari'ah. Semoga kehadiran buku ini dapat memberi nilai yang bermanfaat bagi pembaca yang budiman, terutama bagi mahasiswa jurusan ekonomi dan keuangan syari'ah.
    14. Judul Buku : Fikih Ekonomi Islam
    Pengarang : Prof. Dr. Shalah ash-Shawi dan Prof. Dr. Abdullah al-Mushlih
    Sinopsis :
    Buku ini merupakan satu upaya besar yang dilakukan oleh dua orang ulama kontemporer untuk mengupas, membahas, dan menyajikan sistem serta metode Islam dalam memandu bisnis modern sekarang ini. Isi buku ini amat sulit untuk diungkapkan dengan ringkas, namun baru bisa dirasakan manfaatnya yang amat besar bila dibaca secara runtut dan dipahami secara benar.
    15. Judul Buku : Kapita Selekta Ekonomi Indonesia
    Pengarang : H. Soeharsono Sagir, dkk.
    Sinopsis :
    Kehidupan manusia dibumi semakin lama dihadapkan pada masalah kelangkaan sumber daya yang semakin terbatas, seperti halnya keberadaan minyak bumi dan hutan tropis yang banyak terdapat di Indonesia. Sementara sumber daya yang ada semakin terbatas, kebutuhan manusia untuk memenuhi kepuasannya menjadi semakin banyak. Dapat dilihat dari semakin beraneka ragamnya kebutuhan dari hari ke hari. Hal ini menyebabkan Ilmu Ekonomi yang sudah berkembang sejak abad XVII semakin diperlukan oleh manusia.
    Pembangunan yang dilakukan oleh banyak negara di dunia ini kebanyakan juga memprioritaskan pembangunan di bidang ekonomi. Apalagi bagi negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Pembangunan di Indonesia menitikberatkan pada pembangunan ekonomi. Kondisi seperti ini menuntut masyarakat untuk lebih memahami aspek-aspek ekonomi atau segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu ekonomi.
    16. Judul Buku : Akuntansi Perbankan Syariah
    Pengarang : Osmad Muthaher
    Sinopsis :
    Buku ini membahas materi Akuntansi Perbankan Syariah yang disampaikan secara rinci disesuaikan dengan pedoman standar akuntansi yang berlaku disertai dengan gambar/alur produk-produk bank syariah sehingga memudahkan dalam memahami isi dari materi buku ini. Di samping itu juga disertakan contoh-contoh soal kasus dalam akuntansi perbankan syariah pada setiap akad-akad produk bank syariah sehingga memperjelas proses pencatatan, penyajian dan pelaporan akuntansinya. Buku ini juga bisa digunakan pembaca untuk memperdalam kemampuan akuntansi bank syariah sebagai bekal dalam menyongsong dunia kerja pada bank-bank syariah.
    17. Judul Buku : Ekonomi Makro Islam (Pendekatan Teoritis)
    Pengarang : Nurul Huda, dkk.
    Sinopsis :
    Buku ini adalah sebuah usaha konstruktif merespon perkembangan kontribusi terhadap pengembangan konsep dan teori ekonomi bernuansa Islam, khususnya dalam bidang makro ekonomi. Karenanya, tiga isu utama ekonomi makro (pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran) akan menjadi fokus utama buku ini dan diuraikan dalam sembilan bab komprehensif. Bab I Konsep dasar ekonomi Islam, Bab 2 Pendapatan nasional dalam perspektif ekonomi Islam, Bab 3 dan 4 Sistem perekonomian tertutup dengan dan tanpa kebijakan pemerintah, Bab 5 dan 6 Konsep dasar permintaan uang dalam perspektif ekonomi Islam dan uraian tentang Dinar-Dirham, Bab 7 Keseimbangan pasar barang dan pasar uang, Bab 8 Inflasi, Bab 9 Keseimbangan antara Agregat Demand dan Supply. Buku ini juga menutup uraian penting tentang bunga bank dan riba yang selalu menjadi bahan perbincangan menarik ketika orang berbicara tentang praktik ekonomi Islam.
    18. Judul Buku : Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam
    Pengarang : Prof. Dr. H. Boedi Abdullah
    Sinopsis :
    Buku ini membahas urgensi peradaban perekonomian Islam dari masa Arab pra-Islam, Nabi, Khulafaur Rasyidin, Bani Umayyah, Bani Abbasiyah sampai Bani Fatimiyah. Selain itu, dijelaskan pula perbedaan sistem ekonomi Islam dengan sistem ekonomi Barat yang konvensional. Dengan perbandingan tersebut, kelak keunggulan ekonomi sistem Islam akan diketahui dengan lebih jelas. Prinsip ekonomi Islam berpihak pada keadilan dan kesejahteraan untuk seluruh umat manusia. Islam tidak menghendaki kekayaan bertumpuk pada sekelompok orang tertentu. Islam mengajarkan juga agar kemitraan ekonomi dan ekonomi kemitraan dibangun diatas prinsip keadilan dan tolong-menolong antar-sesama umat Islam. Ajaran islam tentang ekonomi dan ekonomi pola kapitalisme juga dibahas khususnya mengenai sistem ekonomi yang harus dibangun dengan berprinsip pada sikap tolong-menolong, kejujuran, keadilan, persamaan derajat, hak dan kewajiban. Hal itu karena harta merupakan titipan Allah yang harus diperdayakan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh semua golongan.
    19. Judul Buku : Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam
    Pengarang : Mustafa Edwin Nasution, dkk.
    Sinopsis :
    Buku ini hadir menjawab kebutuhan akan literatur ekonomi islam yang bernuansa akademis. Seluruh tema dibahas dalam 12 bab dan tampillah ke dalam 3 bagian utama. Bagian pertama (Bab I dan II) menjelaskan pandangan Islam tentang segala kegiatan ekonomi yang kemudian bermuara pada pembentukan definisi ekonomi Islam. Pandangan dan koreksi terhadap berbagai aspek kegiatan ekonomi menjadi fokus pembahasan bagian kedua (Bab III sampai Bab XI). Bagian ketiga yang merupakan penutup rangkaian pembahasan ini, menghadirkan perkembangan ekonomi Islam dalam tataran praktis, yakni terbentuknya lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan berbasis Islam.
    20. Judul Buku : Hadist Ekonomi (Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi)
    Pengarang : Prof. Dr. H. Idri. M.Ag.
    Sinopsis :
    Substansi penting buku ini membahas berbagai kaidah Ekonomi Islam dalam perspektif Hadis Nabi Muhammad SAW, yang disajikan dalam dua belas (12) bab: Nilai-nilai dasar ekonomi Islam; Motivasi dan tujuan ekonomi; Produksi; Konsumsi; Distribusi; Jual beli dan riba; Gadai; Penjualan jasa dan sewa-menyewa; Koperasi; Pemasaran; Kewirausahaan; dan Etika bisnis.
    Meskipun merupakan buku ajar (textbook), buku ini juga layak dibaca oleh siapa saja yang berminat untuk mengkaji ekonomi Islam. Baik bagi kalangan akademisi (dosen/pengajar dan mahasiswa) serta praktisi lembaga ekonomi syariah, maupun masyarakat pada umumnya karena didalamnya membahas intisari hadis nabi yang berkaitan dengan ekonomi.

    No comments:

    Post a Comment

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You Menjadi diri sendiri adalah salah satu kunci sukses menggapa...