Kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran
Setiap era selalu ada trend baru yang
menuntut ilmu pemasaran terus berkembang, kecanggihan teknologi serta banyaknya
penemuan baru menciptakan kondisi yang memaksa ilmu pemasaran ikut berkembang
demi menemukan solusi dalam memasarkan berbagai barang dan jasa. Makalah ini
berusaha menyajikan beberapa informasi tentang konsep dalam komunikasi
pemasaran dari sejak pertama kali di rumuskan.
Konsep dasar dari komunikasi
pemasaran yang menjadi awal perkembangan konsep komunikasi pemasaran :
1.Product (Produk)
2.Price (Harga)
3.Place (Tempat, Distribusi)
4.Promotion (Promosi)
Seiring kemajuan masa, komunikasi pemasaran
mengenai 4P ini dijabarkan lagi menjadi beberapa konsep, konsep dasar dari
strategi promosi tersebut yaitu:
Promotion Strategy (5)
1.Periklanan
Semua bentuk penyajian nonpersonal dan
promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.
Berbagai insentif jangka pendek untuk
mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
3.Hubungan masyarakat dan Publisitas
Berbagai program untuk mempromosikan dan
atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.
4.Penjualan secara pribadi
Interaksi langsung dengan satu calon
pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan
menerima pesanan.
5.Pemasaran langsung
Penggunaan surat, telepon, faksimili,
e-mail, dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara
langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan
calon pelanggan.
Akan tetapi dengan bertambahnya zaman,
persaingan pasar makin ketat, berkembangannya berbagai jenis media baru dan
semakin canggihnya konsumen maka Strategi Promosi di rumuskan menjadi:
1.Advertising
2.Consumer sales promotion
3.Trade Promotion and Co-marketing
4.Packaging, Point-Of-Purchase
5.Personal Selling
6.Public Relations
7.Brand Publicity
8.Corporate Advertising
9.The internet
10.Direct marketing
11.Experiantial Contact: Events,
Sponsorship
12.Customer Service
13.Word of Mouth
Berikut penulis akan memaparkan satu
persatu kelebihan dan kekurangan dari konsep-konsep tersebut.
I.
Advertising (Periklanan)
Kelebihan Dan Kekurangan Media Iklan
1.Media Eletronik
1.a. Televisi ( TV )
· Kelebihan :
Dapat dinikmati oleh siapa saja.
Dapat menjangkau daerah yang luas.
Waktu siarannya sudah tertentu.
Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang
kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang
bergerak ).
Memudahkan para audiensnya untuk memahami
yang diiklankan.
Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan
membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup
mengerti maknanya.
· Kekurangan
:
Biaya relatif tinggi.
Hanya dapat dinikmati sebentar (pesan
berlalu sangat cepat).
Khalayak yang selektif (tidak setajam media
lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis).
Kesulitan teknis.
Tidak semua tempatdapat dicapai gelombang
penyiaran televisi.
Tidak semua orang memiliki pesawat televisi
melihat harganya yang relatif mahal.
1.b. Radio
· Kelebihan :
Biayanya relatif rendah (dalam artian
hardware-nya serta dalam produksi siarannya)
Dapat diterima oleh siapa saja.
Dapat menjangkau daerah yang cukup luas.
Bersifat Auditif
1.Lebih leluasa dalam penyampaian
pesan-pesannya tanpa banyak varian-variannya. 2.Menimbulkan audio imaginatif.
Efek yang ditimbulkan lebih dahsyat dari pada efek visual.
Daya tembus yang besar tidak mengenal
rintangan. Radio yang menggunakan gelombang SW, MW, mempunyai kemampuan
penetrasi area yang luas sehingga pesan yang disampaikan dapat mengatasi jarak,
ruang dan waktu.
Merupakan sarana yang cepat dalam
menyebarluaskan informasi .
Radio dapat diterima dan didengar di areal
tanpa listrik atau tidak selalu membutuhkan daya listrik.
Praktis (portable dapat di bawa
kemana-mana) dan audience selectivity.
Mengatasi buta huruf artinya para pendengar
radio tidak dituntut untuk bisa membaca.
· Kekurangan
:
Waktunya terbatas.
Tidak mengemukakan gambar.
Pendengar sering kurang mendengarkan secara
penuh karena diselingi melakukan pekerjaan lain.
Noise Faktor (khusus gelombang MW dan SW)
Sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang
kompleks
Alternatif audiance dalam pemilihan stasiun
lebih banyak ( persaingan yang ketat )
Sekilas dengar atau bersifat auditif saja
sedangkan televii lebih lengkap.
Tidak dapat di gunakan untuk menyampaikan
acara yang abstrak dan komples (rumit)
Radio adalah termasuk media yang time
organized, sehingga untuk penataan program acaranya mempertimbangkan hal-hal
sebagai berikut:
Untuk penyampaian pesan yang bersifat informatif
maka maximum durasinya adalah 15 menit.
Untuk acara yang bersifat entertainment
bisa sampai 30 s.d 45 menit.
2. Media Cetak
2.a. Koran ( Surat Kabar )
· Kelebihan :
Biasanya relatif tidak mahal. Fleksibel
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang
mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan
khalayak yang dijadikan sasaran iklan). Dapat dinikmati lebih lama.
Market coverage ; surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai
cakupan wilayahnya. Comparison shooping ; surat kabar sering digunakan sebagai
bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa. Positive
consumer attitude ; aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai
acuan pembaca.
· Kekurangan
:
Mudah diabaikan serta cepat basi. Contoh :
Short life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat
didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit
hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya.
Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
Clutter ; Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan
pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.
Limited coverage of certains group ; beberapa
kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok
masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun.
Products that don’t fit ; beberapa produk
tidak dapat diiklankan dengan menggunakan surat kabar karena memerlukan
demonstrasi atau memerlukan pertimbangan tertentu. Contoh iklan BH atau iklan
peralatan olah raga.
Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya
mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima
tidak lengkap.
2.b. Majalah
· Kelebihan :
Dapat dinikamti lebih lama (long life span)
Pembacaannya lebih selektif.
Dapat mengemukakan gambar yang menarik
(Kualitas Visual).
Khalayak sasaran; salah satu keunggulan
majalah jika dibandingkan dengan
media lainnya adalah kemampuannya
menjangkau segmen pasar tertentu
yang terspesialisasi.
Penerimaan khalayak; kemampuan mengangkat
produk-produk yang
diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak
sasaran terhadap prestige
majalah yang bersangkutan.
· Kekurangan
:
Biaya lebih relatif tinggi (mahal).
Fleksibilitasnya rendah (terbatas).
Distribusi
Banyak majalah yang peredarannya lambat
sehingga hanya menumpuk di rak-rak toko. Ada juga majalah yang tidak memiliki
jaringan distribusi yang tepat. Di beberapa daerah tertentu yang daya belinya
tinggi namun sulit dijangkau, majalah sering tidak ada.
Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya
mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima
tidak lengkap.
3. Media luar ruang ( Outdoor) )
3.a. Billboard
· Kelebihan :
Relatif Murah
Media luar ruang / billboard sesungguhnya
memerlukan pembiayaan yang relatif murah karena berlaku selama 1 tahun untuk
sekali kontrak/pembayaran.
Penjadwalan Fleksibel
Penjadwalan / penempatan media luar ruang
relatif fleksibel karena dapat ditempatkan pada lokasi-lokasi yang dianggap
paling tepat untuk suatu produk yang akan diiklankan.
Mengingatkan produk secara terus-menerus
Billboard yang dipasang pada lokasi-lokasi
strategis seperti perempatan jalan memiliki terpaan secara terus-menerus bagi
pengguna jalan yang melewatinya.
Mengajak langsung membeli
Dengan ukuran yang besar dan pencahayaan
yang sempurna billboard bahkan dapat menarik setiap pengguna jalan. Dampak yang
jauh adalah mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk yang
diiklankan dalam billboard.
Potensi Kreatif
Media luar ruang memiliki fleksibilitas
pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan praktisi-praktisi kreatif.
· Kekurangan
:
Pesan Terbatas
Karena waktu baca / penglihatan yang
sekelebat, pesan-pesan pada media luar ruang dibuat sangat terbatas atau
singkat.
Tidak efektif bagi pengendara mobil
Pengendara mobil yang membutuhkan
konsentrasi penuh, kadang-kadang mengesampingkan berbagai hal yang ia lewati,
termasuk billboard yang mengiklankan produk tertentu, apalagi membaca secara
jelas.
Kendaraan umum yang penuh sesak
Dalam kota-kota besar seperti Jakarta, di
mana kendaraan umum adalah sarana transportasi bagi sebagian besar masyarakat,
menyebabkan kondisi yang penuh sesak dan menyulitkan untuk sekedar melihat ke
luar kendaraan.
Sasaran Pengrusakan
Media-media luar ruang rentan terhadap
pengrusakan dari masyarakat yang tidak menyenangi adanya media iklan yang
dipasang.
3.b. Poster
· Kelebihan :
Khalayak dapat mengatur tempo dalam
membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Media
yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti
iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya.
Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya
bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan bukti.
Membuat informasi yang cukup lengkap.
Saat pembaca tidak paham pada satu bagian
dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
· Kekurangan
:
Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan
membaca dan atensi atau perhatian, karena tidak bersifat auditif dan visual, ia
memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya.
Membutuhkan proses penyusunan dan
penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama.
Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah
sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak
lengkap.
3.c. Spanduk
· Kelebihan :
Khalayak dapat mengatur tempo dalam
membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Media
yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti
iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya.
Karena sifatnya yang tercetak
pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan
bukti.
Media ini tahan lama dan dapat dilihat dari
jarak jauh.
Saat pembaca tidak paham pada satu bagian
dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
· Kekurangan
:
Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan
membaca dan atensi atau perhatian, karena tidak bersifat auditif dan visual, ia
memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya.
Membutuhkan proses penyusunan dan
penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama.
Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya
mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima
tidak lengkap.
3.d. Flyer
· Kelebihan :
Dari segi biaya relatif murah Media ini dan
berisi informasi yang lengkap, serta mudah dibawa.
Dapat memberi gambarankan gambaran yang
ditawarkan perusahaan.
Khalayak dapat mengatur tempo dalam
membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Media
yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti
iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya.
Karena sifatnya yang tercetak
pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan
bukti.
Saat pembaca tidak paham pada satu bagian
dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
Penyerapan informasi lebih menyeluruh,
karena ada kesempatan bagi komunikan untuk mempertimbangkan secara kritis apa
makna informasi yang di baca.
· Kekurangan
:
Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan
membaca dan atensi atau perhatian.
Karena tidak bersifat auditif dan visual,
ia memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya.
Membutuhkan proses penyusunan dan
penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama.
Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya
mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima
tidak lengkap.
Orang cenderung mengabaikan informasi yang
diberikan apabila bentuk flyer kurang menarik.
II.
Consumer sales promotion (Promosi Penjualan Konsumen)
Promosi penjualan adalah kegiatan
komunikasi pemasaran, selain daripada periklanan, penjualan pribadi, dan
hubungan masyarakat, dimana insentif jangka pendek memotivasi konsumen dan
anggota saluran distribusi untuk membeli barang atau jasa dengan segera, baik
dengan harga yang rendah atau dengan menaikkan nilai tambah.
· Kelebihan :
Komunikatif
Mampu menciptakan respon audiens terhadap
perusahaan
· Kekurangan
:
Hanya untuk pasar baru
III.
Trade Promotion and Co-marketing
Adalah konsep pemasaran dengan pola
partnership demi akselersi penjualan, atau popular dirumuskan dengan ASA (Aksi
+ Sinergi = Akselerasi), jadi dalam menjalankan aktivitas pemasaran
partner memegang pernanan penting dalam mendongkrak penjualan contoh : Marylin
Monroe yang mengukir tattoo mercy di pipinya.
· Kelebihan :
dengan menciptakan ikon produk tau partner , maka produk dengan cepat terkenal
· Kekurangan
: Manakala imej partner atau ikon jatuh, maka produk kita yang sudah identik dengan
ikon tersebut akan ikut-ikutan jatuh.
IV.
Packaging, Point-Of-Purchase
Konsep pemasaran yang menekankan kepada
tampilan produk atau kemasan produk demi memikat pelanggan, sehingga
menimbulkan niat bagi konsumen untuk membeli.
· Kelebihan :
dengan membuat kemasan yang berbeda maka akan membuat produk terlihat berbeda
sehingga mengundang perhatian konsumen
· Kekurangan
: membuat biaya produksi naik sehingga memperbaiki harga, dan hal ini sangat
bahaya untuk produk dengan permintaan elastic, sebab jika harganya sedikit saja
berbeda dengan atau lebih tinggi maka akan mempengaruhi permintaan.
V.
Personal Selling
Personal selling adalah komunikasi langsung
(tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk
kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk
sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
· Kelebihan :
Personal selling melibatkan komunikasi secara langsung dengan konsumen
potensial, sehingga lebih bisa membujuk daripada alat-alat promosi lain.
1) Proses komunikasi
face-to-face menjadikan konsumen potensial lebih memperhatikan pesan dari
komunikator.
2) Personal selling dapat
mendesain cara penyampaian pesan yang berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi
audience.
3) Dalam personal selling
terjadi komunikasi dua arah, sehingga dapat memungkinkan adanya dialog
interaktif antara salesperson dengan konsumen.
4) Personal selling lebih
memungkinkan untuk menyampaikan pesan yang kompleks mengenai suatu produk yang
tidak dapat disampaikan melalui iklan.
· Kekurangan
1) Hanya dapat menjangkau
sedikit konsumen potensial
2) Relatif mahal
3) Sulitnya mendapatkan
salesperson yang memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan perusahaan
VI.
Public Relations
Menurut Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan
public relation adalah sebagai berikut:
a.
Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau
masyarakat dan konsumen.
b.
Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan
perusahaan.
c.
Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relation.
d.
Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
e.
Mendukung bauran pemasaran.
Kelebihan dan Kekurangan
· Kelebihan
1) Lebih terpercaya karena
berasal dari lembaga formal atau orang yang dikenal
2) Mampu menciptakan Susana
yang dramatif
· Kekurangan
Karena sumber informasi bukan dari
internal, maka sulit dikendalikan perusahan
VII.
Brand Publicity
Merupakan konsep pemasaran yang
memanfaatkan publikasi media massa untuk mendongkrak popularitas produk.
Biasanya dengan cara membuat berita unik dan langkah hingga kemudian menjadi
bahan liputan media massa. Contohnya : Tung Desem Waringin yang me-launching
bukunya dengan cara membuat arak-arakan keliling kota dengan nasi duduk sehingg
mengundang pehatian media massa untuk meliput.
· Kelebihan
: Tidak memerlukan banyak biaya, produk lebih cepat dikenal karena
kemunculannya yang unik lewat media massa.
· Kekurangan
: informasi yang diberitakan tidak tersampaikan secra utuh, dan akan banyak
dipengaruhi oleh berita lain, apalagi jika berita hasil publikasi tersebut
bukan headline.
VIII.
Corporate Advertising
Disamping mengkiklankan suatu produk,
adalakanya sebuah perusahaan harus juga diiklankan dan diperkenalkan ke
masyarakat luas, ini sebagi upaya untuk menciptakan “Sense of Belonging” atau
rasa kepemilikan yang tinggi terhadap perusahaan penghasil produk. Contoh :
PT.Chevron , yang meluncurkan iklan yang menggambarkan profil company mereka,
atau juga kita biasa melihat di metro tv khususnya di bagian advertorial
· Kelebihan :
membuat imej perusahaan kuat di benak konsumen, sehingga ketika perusahaan
tersebut men diversifikasi produknya maka konsumen yang sudah loyal terhadapa
perusahaan tadi akan menerima produk baru tersebut.
· Kekurangan
: Setiap perusahaan ada yang diperkenalkan dengan mengkikutsertakan “Personal
Branding” yang merupakan daya tarik atau untuk konsumen, biasanya personal
branding tersebut berasal dari sang pemilik perusahaan. Namun disinilah letak
kekurangannya, sebab manakala sang pemilik perusahaan imej atau popularitasnya
jatuh maka semua produk dari perusahaan tersebut akan ikut-ikutan jatuh. Contoh
: MQ Coorporation yang menonjolkan AA Gym sebagai sosok sentral sebagai daya
tarik untuk mengundang konsumen. maka ketika imej AA Gym sedang tidak baik
karena poligami, maka usaha-usaha di bawah MQ Coorporation ikut-ikutan gulung
tikar.
IX.
The internet
Internet adalah sumber informasi yang saat
ini sudah menjadi kebutuhan primer, sebagian besar penduduk bumi menggunakan
internet dan terhubung dengan masyarakt lain di seluruh penjuru dunia, bahkan
ada sebagian pengguna internet lebih eksis di dunia maya disbanding di dunia
nyata. Ini mengakibatkan perhatian konsumen beralih ke dunia maya. Maka
aktivitas pemasaran harus dilakukan lewat internet. Maka muncullah istilah
e-commerce yang dalam bentuknya berupa website perusahaan, blog, dan jejaring
social. Contoh : toko penjualan buku online www.amazone.com
· Kelebihan :
Biaya murah bahkan hmpir tidak ada, seperti misalnya kita mempromosikan produk
lewat situs jejaring social seperti Facebook, Twitter, Kaskus dan lain sebagainya.
· Kekurangan
: untuk brand perusahaan yang belum terkenal, membutuhkan waktu yang cukup lama
untuk menciptakan trust atau kepercayaan konsumen sebab isu penipuan di
internet cukup mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan transaksi online.
X.
Direct marketing
Direct marketing adalah sistem pemasaran
yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan
untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.
Dalam direct marketing, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsumen
individual, dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi konsumen yang
bersangkutan, baik melalui telepon, pos atau dengan datang langsung ke tempat
konsumen.
· Kelebihan
1) Dengan Direct Marketing
diharapkan suatu produk/jasa dapat menjangkau target pasarnya
2) Biaya yang dikeluarkan jauh
lebih efektif mengingat penjualan yang dilakukan adalah penjualan yang berulang
(repeat sales) dengan target pasar yang cukup jelas
3) Direct marketing dapat
dilakukan melalui berbagai jenis bentuk media
4) Dengan Direct Marketing akan
mudah dihitung respon yang muncul dari kegiatan marketing disamping dapat
mempermudah pembuatan anggaran promosi
5) Dengan direct media,
feedback dapat diperoleh langsung dari konsumen
6) Dengan Direct Marketing,
kegiatan riset harga, promosi, dan penentuan waktu dapat dengan mudah dilakukan
7) Dengan menggunakan direct
media pesan yang disampaikan dapat dikustomisasi untuk konsumen yang dituju
8) Database konsumen dapat
dengan mudah dibentuk dalam Direct Marketing sehingga dapat diraih penjualan
yang berulang dari satu pelanggan
9) Kesempatan untuk membentuk
hubungan jangka panjang dengan konsumen dapat dilakukan melalui database
konsumen yang sudah ada
10) Database konsumen
dapat digunakan untuk membuat profil konsumen, membagi konsumen dalam berbagai
segment, mengumpulkan informasi tentang suatu produk/jasa dan bahkan mencari
alasan seseorang membeli produk/jasa atau tidak
· Kekurangan
1) Direct Marketing yang
dilakukan lewat pengiriman surat misalnya, konsumen yang ditelepon setiap saat
ataupun penawaran lewat sales dapat menimbulkan citra negatif dimata konsumen
terutama saat konsumen membutuhkan privacy atau tidak mau diganggu
2) Tingkat ketepatan daftar
yang digunakan untuk menunjuk target market yang dituju terkadang terlalu
rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai dengan target market yang
disasar oleh perusahaan
3) untuk melaksanakan Direct
Marketing diperlukan fasilitas dan sarana yang cukup memadai misalnya fasilitas
telepon on-line, SDM yang handal dan menguasai informasi suatu produk/jasa
dimana perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyediakan
fasilitas tersebut
4) Semakin lama harga-harga
untuk iklan yang menggunakan media direct mail makin mahal, sehingga banyak
yang beralih menggunakan media internet
XI.
Experiantial Contact: Events, Sponsorship
Konsep pemasaran yang menarik perhatian
konsumen dengan cara menciptakan pengalaman dalam menggunakan produk kita, atau
dengan kata lain yang dtonjolkan bukan lagi produknya, melainkan “pengalaman”
menggunakan produk tersebut. Contoh : Saung Mang Ujo Bandung yang menjual
pengalaman menyaksikan pertunjukan sekaligus memainkan angklung sebagai sarana
untuk menarik konsumen datang ketempatnya, bahkan sejak saung mang ujo
memploklamirkan diri sebagai Pusat kebudayaan angklung Indonesia, konsumen nya
tidak hanya datang dari dalam negri bahkan dari seluruh penjuru dunia, padahal
saung mang ujo tidak pernah beriklan besar-besaran.
· Kelebihan :
konsumen dengan cepat akan tertarik untuk membeli sebab pengalaman menggunakan
atau mengkomsumsi produk tersebut membuat mereka rela membayar sekalipun mahal.
· Kekurangan :
dengan menjual pengalaman atau lifestyle maka segmentasi pasar akan terbatas
hanyak kepada konsumen yang sesuai dengan segmen tersebut.
XII.
Customer Service
Untuk usaha-usaha yang paham betul pada
kelengkapan informasi produk untuk meyakinkan konsumen maka mereka akan
menekankan pantingnya CS atau costumer service, sebab CS bisa menjalankan
fungsi sebagai juru bicara internal perusahaan dalam menjelaskan produk, bahkan
bisa mengubah persepsi konsumen yang tadinya skeptic terhadap produk yang kita
miliki.
· Kelebihan :
menjadi garis terdepan dalam mendengar dan menerima berbagai kondisi konsumen
mulai dari ketidakpuasaan, keluhan hingga menjawab rasa keingin tahuan
konsumen. sehingga persepsi konsumen bisa diukur dan terkontrol.
· Kekurangan
: menambah beban biaya operasional
XIII.
Word of Mouth
Konsep Pemasaran yang jenius adalah
pemasaran yang bisa menciptakan kondisi dimana yang menjual suatu produk bukan
lagi si penjual, akan tetapi produk itu sendirilah yang menjual dirinya.
Bagaiman caranya? Tentu dengan menciptakan kondisi yang dimana kita berhasil
memuaskan keinginan pelanggan sehingga timbul loyalitas lalu kemudian
pelanggan-pelanggan tersebut mengundang pelanggan yang lain lewat isu dari
“mulut ke mulut” inilah yang dinamakan “word of mouth” dan ini lebih efektif
daripada menghabiskan dana yang besar hanya untuk beriklan lewat media massa.
Sebab rekomendasilah yang bisa sangat berpengaruh terhadap keputusan pelanggan
untuk membeli. Contoh : Barack Obama yang dengan cepat mendongkrak
popularitasnya dalam pemilu presiden AS kemarin dengan konsep kampanye mulut ke
mulut.
· Kelebihan :
produk dengan cepat laris manis di pasaran serta menciptkan daya beli yang
besar
· Kekurangan
: produk juga dengan cepat dapat ditingglkan pelanggan manakala isu yang
dibicarakan dari mulut ke mulut tersebut merusak imej perusahaan atau produk
kita.
Demikian beberapa penjelasan konsep bauran
pemasaran yang saat ini sedang terjadi dan di jalankan oleh hampir semua
korporat modern untuk tetap bisa bersaing dalam merebut hati pelanggan. Namun
adapula yang collapse sebab tidak pekanya korporat-korporat tersebut terhadap
perkembangan ilmu pemasaran.
No comments:
Post a Comment