kantongtangan.com: REVIEW JURNAL “PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB “ZOYA”
  • Home
  • Tentang kantongtangan.com
  • Kumpulan Puisi
  • REVIEW JURNAL “PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB “ZOYA”

    REVIEW JURNAL “PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB “ZOYA””

    A. Latar Belakang
    Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak. Sebagai wanita muslim tentu harus memperhatikan cara berpakaian yang berkaitan dengan nilai agama.. Hal ini berpengaruh dengan semakin banyak wanita muslim yang menggunakan jilbab, pemakaian jilbab yang dulunya hanya untuk menutupi aurat, sekarang beralih menjadi trend fashion untuk tampil modis dan trendy namun tetap dalam syariat Islam. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya gaya berbusana wanita berjilbab yang semakin bervariasi dan model berjilbabnya pun beragam. Fenomena ini memberikan peluang bisnis baru di Indonesia, diantaranya bisnis busana muslim dan jilbab yang saat ini semakin berkembang pesat  di Indonesia dengan munculnya merek-merek jilbab serta tahun berdirinya seperti merek jilbab Zoya, Rabbani, Dannis, Azka, Almadani, Al Mia, Shafira, Nizar dengan aneka model bahan serta harga setiap item produknya, sehingga dapat menambah variasi produk jilbab menjadi menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Hal ini akan mempengaruhi prilaku yang konsumtif pada wanita muslim dalam membeli jilbab bermerek (branded). Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki gaya hidup hedonis. (www.tribunnews.com, 2015). Munculnya berbagai merek baru pada produk jilbab menjadikan perusahaan ingin selalu mengamati perubahan perilaku konsumen dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen.
    Dalam proses keputusan pembelian terdapat lima tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan pembelian, dan perilaku paskah pembelian. Sehingga perusahaan harus memiliki citra merek yang baik agar mempermudah konsumen untuk melakukan proses keputusan pembelian. Konsumen yang terbiasa menggunakan merek tertentu cenderung memiliki konsistensi terhadap citra merek. Selain citra merek, faktor internal yaitu gaya hidup juga dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen. Salah satu gaya hidup yang banyak ditemukan saat ini pada masyarakat adalah gaya hidup hedonis.
    Salah satu produk jilbab yang sesuai dengan gaya hidup mereka yang hedonis salah satunya Jilbab “Zoya”.Jilbab “Zoya” memiliki tagline ”Smart hijab cantik bersama Zoya with crystal swarosky” yang memiliki kelebihan seperti tidak perlu mengunakan ciput dan pemakaian tidak butuh waktu lama, dapat dikreasikan dengan banyak style, warna jilbab yang menarik dan bermotif serta lebih tampil casual, fresh dengan aneka warna ombre (warna gelap dan terang), serta lebel yang dimiliki “Zoya” menarik berbeda dari lebel jilbab merek lain karena peletakan lebelnya berada pada pinggir jilbab yang menandakan bahwa jilbab yang mereka gunakan adalah jilbab branded.
    B. Tujuan Penelitian
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh secara parsial dan simultan citra merek, gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian jilbab “Zoya” (Studi Pada Komunitas Hijabers di Surabaya).
    C. Kerangka Teoritis
    Keputusan pembelian konsumen merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternative penyelesaian masalah yang dikumpulkan oleh seorang konsumen, dan mewujudkan dengan tindakan lebih lanjut yang nyata.
    Citra merek merupakan sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat di benak konsumen.
    Gaya hidup hedonisme adalah perilaku yang mengutamakan kesenangan dan senang membeli barang-barang mahal (branded) untuk memenuhi hasyratnya, dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

    D. METODE PENELITIAN
    Jenis rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan riset konklusif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan riset konklusif adalah untuk menguji hipotesis spesifik dan menguji hubungan spesifik. Riset ini didasarkan atas sampel besar representif dan data yang dihasilkan dianalisis secara kuantitatif.  Penelitian ini menggunakan tiga variable yang terdiri dari variable bebas dan variable terikat. Variable bebas dalam penelitian ini adalah citra merek dan Gaya hidup hedonis serta variable terikat yaitu keputusan pembelian.

    E. Hasil Penelitian
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian jilbab “Zoya” pada komunitas hijabers di Surabaya. Hipotesis pertama pengaruh citra merek dapat meningkatkan keputusan pembelian jilbab “Zoya” pada komunitas hijabers di Surabaya Terbukti kebenarannya. Mayoritas mereka adalah pegawai swasta memiliki pendapatan yang rata-rata, sehingga memiliki kemampuan daya beli dan menimbulkan keputusan pembelian terhadap jilbab “Zoya” yang mempunyai harga mahal, karena dengan harga mahal mereka akan cocok dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian jilbab memilih berdasarkan merek yang sesuai dengan gaya hidup yang mereka miliki yakni mengoleksi barang-barang branded (bermerek) dan sesuai trend yang mereka ikuti agar selalu berpenampilan modis dan trendy dalam kegiatan-kegiatan serta aktivitas yang dilakukan pada komunitas hijabers yang ada di Surabaya.
    Maka hasil dari penelitian tersebut yang mempunyai pengaruh yang paling dominan dan besar terhadap keputusan pembelian jilbab “Zoya” adalah gaya hidup hedonis. Selain itu gaya hidup hedonis yang dimiliki komunitas hijabers di Surabaya dalam mengikuti aktivitas saat berkumpul mereka cenderung followers dalam berpakaian hal tersebut sesuai dengan item pernyataan “gaya berbusana saya terinspirasi dari teman”. Konsumen yang memiliki gaya hidup hedonis menurut hasil penelitian sesuai dengan karakteristik responden dan tergabung dalam komunitas hijabers yang ada di Surabaya adalah wanita remaja ataupun sosialita. Kebanyakan mereka bekerja sebagai pegawai swasta, karena memiliki penghasilan yang lebih dan pendapatan rata-rata sehingga memiliki kemampuan daya beli dan menimbulkan keputusan pembelian terhadap jilbab “Zoya” dan memutuskan pembelian sesuai dengan gaya hidup yang mereka miliki seperti prilaku konsumsi mereka lebih condong bersifat hedon karena ingin menjadi pusat perhatian orang lain.Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa gaya hidup yang melekat pada gaya hidup komunitas hijabers di Surabaya adalah gaya hidup hedonis.
    F. KESIMPULAN
    1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra Merek terhadap keputusan pembelian Jilbab “Zoya” (Studi pada komunitas hijabers di Surabaya).
    2. Karena Citra merek yang ada pada jilbab “Zoya” yang memiliki kekuatan dengan kualitas yang bagus, memiliki keuntungan banyak pilihan aneka warna serta memiliki keunikan dengan lebel yang menarik sehingga dari citra merek tersebut akan berpengaruh kepada konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
    3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian produk Jilbab “Zoya” (Studi pada komunitas hijabers di Surabaya).
    4. Gaya hidup hedonis yang dimiliki komuitas hijabers yang mempunyai aktivitas sering melakukan kegiatan fashion show di mall, cenderung followers dalam gaya berbusana model jilbab mereka terispirasi dari teman, pilihan konsumsinya barangnya bermerek maka dari ciri-ciri tersebut komunitas hijabers saat ini dalam gaya hidup yang dimiliki akan menjadi pusat perhatian orang lain.
    5. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara citra merek dan gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian konsumen pembelian produk Jilbab “Zoya” (Studi pada komunitas hijabers di Surabaya).
    6. Dengan adanya citra merek jilbab “Zoya” yang baik dimata konsumen dan gaya hidup hedonis yang dimiliki komunitas hijabers saat ini akan berpengaruh terhadap peningkatan dalam memutuskan pembelian jilbab yang sekarang sangat berkembang pesat dengan aneka gaya hijabers saat ini.

    No comments:

    Post a Comment

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You Menjadi diri sendiri adalah salah satu kunci sukses menggapa...