REVIEW JURNAL “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN COMPACT DISK (CD) DI SURABAYA”
LATAR BELAKANG
Tumbuh dan berkembangnya perekonomian suatu negara sedikit banyak
ditunjang oleh perkembangan industri dan teknologi. Perkembangan ini tentu saja
akan membawa negara tersebut lebih maju dan lebih siap dalam menghadapi
persaingan dalam perdagangan global. Saat ini Indonesia berusaha mengembangkan
dunia industri dan teknologinya. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan
teknologi dan industri yang semakin beragam di Indonesia termasuk perusahaan
musik.
Musik sebagai sebuah hasil karya seni manusia merupakan salah satu
hal yang ikut mengalami perkembangan di abad modern ini, seperti halnya karya
seni yang lainnya. Perkembangan tersebut termasuk karya musik itu sendiri, alat
musik yang digunakan, alat pemutar dan pengeras suara, serta alat perekam.
CD (Compact Disc) dibuat dalam usaha merampingkan media penyimpanan
musik dengan memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan. Konsumen merupakan
elemen yang penting dalam perilaku konsumen, sehingga dalam usaha memasarkan
suatu produk, manajer pemasar harus memahami, mempelajari, dan menganalisa
perilaku konsumen yang dituju, sehingga diperoleh pandangan yang lebih mendalam
tentang konsumen dan dapat menilai kembali kebutuhan serta menanggapi dengan
cepat kebutuhan tersebut. Oleh karena itu kebutuhan konsumen yang mendasari
perilaku konsumen harus benar-benar dipahami. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui
pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, pribadi dan
psikologis secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian compact
disc. Adapun populasi yang digunakan penelitian adalah konsumen yang membeli
compact disc di Mega Disc Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.
Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi
berganda. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa faktor budaya,
sosial, pribadi dan psikologis mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen membeli compact disc dengan besarnya pengaruh 81,4 % yang mencerminkan
hubungan antara variabel tersebut terhadap keputusan konsumen membeli compact
disc adalah erat. Sedangkan hasil uji secara partial menunjukkan semua variabel
yang dijadikan model penelitian masing-masing berpengaruh signifikan dan
positif terhadap keputusan konsumen membeli compact disc.
METODE PENELITIAN
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli compact
disc di Mega Disc Surabaya. Sampel yang dibutuhkan adalah 100 orang. Variabel yang
diindentifikasi sebagai variabel bebas adalah faktor budaya (Bud), faktor
sosial (Sos) faktor pribadi (Pri) dan faktor psikologis (Psi) sedangkan
variabel (Y) adalah keputusan pembelian (KP). Variabel dalam penelitian ini
diukur dengan menggunakan Skala Likert.
Hasi Penelitian
Umumnya konsumen yang membeli compact disc di Mega Disc Surabaya
terbanyak adalah berjenis kelamin pria yang memiliki usia antara 20-30 tahun,
dan memiliki penghasilan sekitar 2-3 juta perbulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa, yang telah penulis
lakukan maka simpulan yang dapat diambil adalah; 1) Hasil pengujian secara
simultan menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis
mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli compact
disc. Kondisi menunjukkan bahwa bahwa naik-turunnya keputusan konsumen untuk
membeli compact disc ditentukan oleh seberapa baik tingkat budaya, strata
sosial, pribadi maupun faktor psikologis seseorang dalam mendegarkan music
melalui compact disc. Besarnya pengaruh yang ditunjukkan sebesar 81,4 % yang
mencerminkan hubungan antara variabel tersebut terhadap keputusan konsumen
membeli compact disc memiliki hubungan yang erat. 2) Hasil pengujian secara
parsial menunjukkan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis masing-masing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli
compact disc. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan tingkat signifikansi
masing-masing variabel tersebut tidak melebihi α = 5%. Hasil ini
mengindikasikan bahwa semakin baik model yang digunakan dalam penelitian
tersebut akan semakin meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli compact
disc. 3) Variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan adalah factor sosial
karena mempunyai koefisien korelasi parsialnya paling besar yaitu sebesar 33,8
% dibandingkan variabel budaya, pribadi dan psikologis.
No comments:
Post a Comment