kantongtangan.com: REVIEW JURNAL “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COMPACT DISK (CD) DI SURABAYA”REVIEW JURNAL “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COMPACT DISK (CD) DI SURABAYA”
  • Home
  • Tentang kantongtangan.com
  • Kumpulan Puisi
  • REVIEW JURNAL “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COMPACT DISK (CD) DI SURABAYA”REVIEW JURNAL “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COMPACT DISK (CD) DI SURABAYA”

    REVIEW JURNAL “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COMPACT DISK (CD) DI SURABAYA”

    LATAR BELAKANG
    Tumbuh dan berkembangnya perekonomian suatu negara sedikit banyak ditunjang oleh perkembangan industri dan teknologi. Perkembangan ini tentu saja akan membawa negara tersebut lebih maju dan lebih siap dalam menghadapi persaingan dalam perdagangan global. Saat ini Indonesia berusaha mengembangkan dunia industri dan teknologinya. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan teknologi dan industri yang semakin beragam di Indonesia termasuk perusahaan musik.
    Musik sebagai sebuah hasil karya seni manusia merupakan salah satu hal yang ikut mengalami perkembangan di abad modern ini, seperti halnya karya seni yang lainnya. Perkembangan tersebut termasuk karya musik itu sendiri, alat musik yang digunakan, alat pemutar dan pengeras suara, serta alat perekam.
    CD (Compact Disc) dibuat dalam usaha merampingkan media penyimpanan musik dengan memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan. Konsumen merupakan elemen yang penting dalam perilaku konsumen, sehingga dalam usaha memasarkan suatu produk, manajer pemasar harus memahami, mempelajari, dan menganalisa perilaku konsumen yang dituju, sehingga diperoleh pandangan yang lebih mendalam tentang konsumen dan dapat menilai kembali kebutuhan serta menanggapi dengan cepat kebutuhan tersebut. Oleh karena itu kebutuhan konsumen yang mendasari perilaku konsumen harus benar-benar dipahami. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian compact disc. Adapun populasi yang digunakan penelitian adalah konsumen yang membeli compact disc di Mega Disc Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.
    Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli compact disc dengan besarnya pengaruh 81,4 % yang mencerminkan hubungan antara variabel tersebut terhadap keputusan konsumen membeli compact disc adalah erat. Sedangkan hasil uji secara partial menunjukkan semua variabel yang dijadikan model penelitian masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan konsumen membeli compact disc.
    METODE PENELITIAN
    Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli compact disc di Mega Disc Surabaya. Sampel yang dibutuhkan adalah 100 orang. Variabel yang diindentifikasi sebagai variabel bebas adalah faktor budaya (Bud), faktor sosial (Sos) faktor pribadi (Pri) dan faktor psikologis (Psi) sedangkan variabel (Y) adalah keputusan pembelian (KP). Variabel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Skala Likert.
    Hasi Penelitian
    Umumnya konsumen yang membeli compact disc di Mega Disc Surabaya terbanyak adalah berjenis kelamin pria yang memiliki usia antara 20-30 tahun, dan memiliki penghasilan sekitar 2-3 juta perbulan.

    Berdasarkan hasil penelitian dan analisa, yang telah penulis lakukan maka simpulan yang dapat diambil adalah; 1) Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli compact disc. Kondisi menunjukkan bahwa bahwa naik-turunnya keputusan konsumen untuk membeli compact disc ditentukan oleh seberapa baik tingkat budaya, strata sosial, pribadi maupun faktor psikologis seseorang dalam mendegarkan music melalui compact disc. Besarnya pengaruh yang ditunjukkan sebesar 81,4 % yang mencerminkan hubungan antara variabel tersebut terhadap keputusan konsumen membeli compact disc memiliki hubungan yang erat. 2) Hasil pengujian secara parsial menunjukkan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli compact disc. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel tersebut tidak melebihi α = 5%. Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin baik model yang digunakan dalam penelitian tersebut akan semakin meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli compact disc. 3) Variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan adalah factor sosial karena mempunyai koefisien korelasi parsialnya paling besar yaitu sebesar 33,8 % dibandingkan variabel budaya, pribadi dan psikologis.

    No comments:

    Post a Comment

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You Menjadi diri sendiri adalah salah satu kunci sukses menggapa...