kantongtangan.com: 20 REFERENSI BUKU EKONOMI ISLAM
  • Home
  • Tentang kantongtangan.com
  • Kumpulan Puisi
  • 20 REFERENSI BUKU EKONOMI ISLAM

    Ekonomi Islam Hukum Bisnis Syari’ah : Mengupas Ekonomi Islam, Bank Islam, Bunga Uang Dan Bagi Hasil, Wakaf Uang Dan Sengketa Ekonomi Syari’ah
    Penulis : Drs. Nurul Hak, MA.
    Ekonomi syariah merupakan ekonomi yang membicarakan tentang ekonomi modern. Ekonomi syariah tidak hanya membahas tentang aspek perilaku manusia yang berhubungan dengan cara mendapatkan uang dan membelanjakannya, tetapi juga membahas segala aspek ekonomi yang membawa kepada kesejahteraan ummat. Konsep kesejahteraan yang dikembangkan melalui ekonomi syariah harus sejalan dengan prinsip-prinsip universal Islam yang tetap dipandang sahih sepanjang masa. Islam mengatur kegiatan-kegiatan memperoleh uang dan mengeluarkannya sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.
    Ketika para pakar ekonomi islam membicarakan ekonomi syariah atau ekonomi islamselalu berhadapan kepada dua persoalan pokok. Apakah ekonomi syariah merupakan suatu sistem atau suatu ilmu yang sendiri. Sebagian dari mereka mengatakan bahwa ekonomi syariah (ekonomi islam) merupakan suatu sistem karena ia merupakan suatu keseluruhan yang kompleks dan saling berhubungan satu dengan yang lain. Sebagian yang lainnya mengatakan bahwa ekonomi syariah itu merupakan suatu disiplin ilmu tersendiri karena ia dirumuskan secara sistematis, logis dan filosofis sebagai ilmu pengetahuan. Materi pembahasan buku ini meliputi : Ekonomi islam, wakaf uang sebagai instrrmen ekonomi islam, pandangan mengenai riba dan bunga uang, bunga uang pada bank konvensional dan bagi hasil pada bank syariah, sengketa ekonomi syariah dan sumber hukum penyelesaian sengketa ekonomi syariah.





    Prinsip Dasar Ekonomi Islam : Perspektif Maqashid al-Syari’ah
    Penulis : Dr. Ika Yunia Fauzia, Lc., M.E.I. dan Dr. Abdul Kadir Riyadi, Lc., M.S.Sc.
    Pada dasarnya maqashid al-syari’ah merupakan dasar ekonomi Islam yang berasal dari Allah SWT yang bertujuan memberikan kemaslahatan kepada manusia, berupa kebutuhan dlauriyah, hajiyah, dan tahsiniyah supaya manusia dapat hidup dalam kebaikan dan menjadi hamba-Nya yang baik. Produksi barang kebutuhan dasar secara khusus dipandang sebagai kewajiban sosial (fard al-kifayah) sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui keadilan pendistribusian.
    Prinsip dasar ekonomi Islam dalam perspektif maqashid al-syari’ah ini tidak hanya popular di kalangan akademisi, tapi juga popular di kalangan praktisi ekonomi Islam. Prinsip dasar ekonomi Islam ini tidak saja menjadi tujuan dan esensi ekonomi Islam, tetapi juga sebagai dasar bangunan ekonomi Islam.

    Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam
    Penulis : Prof. Dr. H. Boedi Abdullah
    Buku ini membahas mengenai urgensi peradaban perekonomian Islam dari masa Arab pra-Islam, Nabi, Khulafaur Rasyidun, Bani Umayyah, Bani Abbasiyah, sampai Bani Fatimiyah. Selain itu, dijelaskan pula perbedaan sistem ekonomi Islam dengan sistem ekonomi Barat yang konvensional. Dengan perbandingan tersebut, letak keunggulan ekonomi sistem Islam akan diketahui dengan lebih jelas.
    Prinsip perekonomian Islam berpihak pada keadilan dan kesejahteraan untuk seluruh umat manusia. Islam tidak menghendaki kekayaan bertumpuk pada sekelompok orang tertentu. Islam mengajarkan juga agar kemitraan ekonomi dan ekonomi kemitraan dibangun di atas prinsip keadilan dan tolong-menolong antar-sesama umat Islam.
    Ajarann Islam tentang ekonomi dan ekonomi pola kapitalisme juga dibahas khususnya mengenai sistem ekonomi yang harus dibangun dengan berprinsip pada sikap tolong-menolong, kejujuran, keadilan, persamaan derajat, hak, dam kewajiban. Hal itu karena harta merupakan titipan Allah yang harus diperdayakan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh semua golongan.

    Bank Syariah Teori, Praktik, Kritik
    Penulis : Ahmad Dahlan
    Buku ini memberikan penjelasan teori yang meliputi sejarah bank islam di Indonesia, sejarah perkembangan islam, landasan hukum perbankan yariah di Indonesia, metode pengembangan produk di bank syariah. dalam buku ini diklasifikasikan pada indonesia era Mit Ghamr Bank, Indonesia era Islamic Development Bank, serta Indonesia era Bank Islam Malaysia Berhard. ketiga bank islam tersebut dijadikan parameter dengan latar belakang, Mit Ghamr bank adalah bank yang pernah tumbuh baik, Islamic Development Bank merupakan bank islam modern yang telah mendongkrak eksistensi peradaban islam di bidang lembaga keuangan, serta bank islam malaysia Berhard adalah pembuka bank islam dikawasan Asia Tenggara.

    Ekonomi Islam : Analisis Mikro & Makro
    Penulis : Abdul Aziz
    Sistem perekonomian yang sedang berlangsung dewasa ini telah memasuki masa-masa sulit terutama kapitalis dan sosialis. Di mana kedua sistem tersebut telah gagal mensejahterakan kehidupan manusia modern secara utuh. Hal ini Nampak adanya kehampaan rohani yang telah melanda manusia-manusia modern kapitalis dan sosialis, sehingga memberikan peluang besar bagi homoeconomicus oriented, yang hanya memandang kehidupan hanya dinilai dari aspek materi, sehingga menciptakan mainstream bahwa kesejahteraan hanyalah diukur dengan keberhasilannya memperbanyak materi dan kekayaan semata. Akibatnya manusia cenderung materialistis dan menghalalkan segala cara telah lama menjangkiti kalbunya. Kehadiran ekonomi Islam dan sistem perekonomiannya yang mulai menggeliat di tengah kehidupan kapitalis global dan pemerintahan yang otoriter diharap mampu menyuguhkan kesejahteraan hakiki, antara aspek duniawi maupun ukrawi baik secara individu, kelompok, masyarakat bangsa, Negara dan agama.
    Dalam buku ini membahas mengenai : Hakikat ekonomi Islam; Pemberdayaan sumber daya ekonomi; Teori nilai di bidang konsumsi; Teori nilai di bidang produksi; Teori nilai di bidang distribusi; Mekanisme pasar dan pembentukan harga; Persaingan pasar dan sistem ekonomi; Pasar modal dan sistem perbankan Islam; Teori moneter Islami.

    Prosedur Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah di Indonesia
    Penulis : Dr. Ahmad Mujahidin, M.H.
    Buku ini membahas mengenai kewenangan dan prosedur beracara dilingkungan peradilan agama (syariah). Selain itu juga membahas mengenai sengketa ekonomi syariah dan membahas konsep dan berbagai bentuk perikatan menurut hukum Islam.

    Hukum Ekonomi Syariah : Dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama
    Penulis : Prof. Dr. Drs. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum.
    Gambaran umum tentang pengertian ekonomi syariah dalam bidang perbankan syariah, asuransi syariah, surat-surat berharga syariah (saham, obligasi dan reksadana syariah), penyelesaian sengketa ekonomi syariah dan lain-lain sebagaimana tersebut dalam Undang Undang No.3 Tahun 2006 jo. Undang Undang No. 50 Tahun 2010. Dari pengertian singkat ini diharapkan hakim peradilan agama dapat dengan mudah untuk memperluas wawasan substansi tentang ekonomi syariah dalam menyelesaikan perkara yang diajukan kepadanya.



    Hukum Ekonomi Islam : Geliat Perbankan Syariah di Indonesia
    Penulis : Drs. M. Nur Yasin, M.Ag.
    Buku ini membahas mengenai :
    Pergulatan ekonomi Islam di Indonesia era sebelum kemerdekaan terdiri atas 4 tahapan sejarah, yaitu (1) ekonomi Islam diawal kedatangan Islam di Nusantara, (2) ekonomi Islam ditengah penyebaran Islam di Nusantara, (3) ekonomi Islam di era Hindia Belanda meliputi 3 masa, yaitu masa VOC, masa tanam paksa, dan masa sistem perkebunan swasta, (4) ekonomi Islam di era Jepang.
    Realitas dan analisis ekonomi Islam di Indonesia era setelah kemerdekaan. Sebagai konsekuensi dari pada kronologis, sajian pada bab ini dipetakan ke dalam 2 tahap, yaitu ekonomi Islam era orde lama dan ekonomi Islam orde baru.
    Uraian tentang ekonomi Islam di Indonesia era setelah berdiri BMI (1992-2000).
    Wacana pokok perkembangan perbankan syariah 1992-2000. Bab ini murni menggunakan pola sajian tematis. Analisis tematis dilakukan terhadap tema-tema pokok yang mendominasi pemikiran hukum ekonomi Islam di era 1992-2000.
    Geliat Bank Muamalat Indonesia sebelum tahun 2000. Dipaparkan perspektif umum Bank Muamalat Indonesia dengan menelaah tiga masalah penting yaitu (1) sejarah pembentukan BMI (2) kedudukan BMI dalam tata hukum perbankan nasional (3) kebijakan pengembangan BMI. Meskipun kebijakan Bank Indonesia terhadap Bank syariah. Kebijakan internal BMI dan partisipan umat.
    Perspektif yuridis ekonomis produk-produk BMI.
    Mengungkap dan mempertegas keterkaitan antara BMI dan pemikiran hukum ekonomi Islam di Indonesia era 1992-2000.



    Etika Ekonomi Dan Manajemen
    Penulis : M. Dawam Rahardjo
    Buku ini menunjukkan betapa luas pemahamannya tentang ilmu ekonomi dalam kaitannya dengan masalah-masalah sosial-budaya. Ilmu ekonomi yang tidak hanya berurusan dengan produksi, konsumsi dan distribusi. Dengan demikian kegiatan ilmu ekonomi tidak bisa lepas dari pertimbangan etis atau moral.
    Ilmu ekonomi yang tidak membenarkan keserakahan manusia adalah ciri pokok ekonomi yang berwawasan Islam. Disamping penekanan pada doktrin al-akhirah sebagai sumber rasionalitas ekonomi. Sedangka dilihat dari segi manajemen, maka ajaran Islam tidak hanya mengutamakan prinsip efisiensi tetapi juga mengkombinasikan dengan konsep-konsep kekhalifahan, ihsan dan adil.

    Politik Ekonomi Islam Siyasah Maliyah (Teori-Teori Pengelolaan Sumber Daya Alam, Hukum Pengairan Islam Dan Undang-Undang Sumber Daya Air Di Indonesia)
    Penulis : Dr. Ija Suntana
    Sebagai ilmu yang berisi kebijakan, politik ekonomi islam berisi teori aturan dasar mengenai kebijakan pengelolaan kekayaan negara. Diantara teori-teori yang berkembang adalah teori tanggung jawab negara ( mas’uliyah ad-daulah), yang meliputi konsep tanggung jawab sosial, teori keseimbangan sosial dan teori investasi negara. Selain itu, teori yang berkembang dalam siyasah maliyah adalah teori kebijakan, teori landasan, topangan dan payung kebijakan. Teori landasan kebijakan menyangkut konsep tauhid, keadilan dan kelestarian. Teori topangan kebijakan menyangkut konsep hak kepemilikan, penguasaan dan pemindahan hak milik.
    Sementara itu, teori payung kebijakan menyangkut konsep etika, yaitu kesadaran tertinggi nurani seorang pengambil kebijakan dalam mengelola, mendistribusi dan menggunakan kekayaan. Sebagai salah satu cabang ilmu yang lahir dari fiqh, siyasah maliyah memiliki akar yang sama dengan induknya, yaitu al-quran dan al-hadits Al-quran dan al-hadits diposisikan sebagai sumber doktrin yang aksiomatis, artinya kebenaran-kebenaran yang diyakini, bukan pernyataan-pernyataan ilmiah. Aksioma ini melahirkan berbagai penafsiran yang menjadi pengetahuan normatif yang berbentuk fiqh. Dari ilmu fiqh, lahirlah fiqh siyasah, secara spesifik, dari fiqh siyasah lahirlah siyasah maliyah. Siyasah maliyah memiliki dua bidang kajian yaitu kajian tentang kebijakan pengelolaan keuangan dan pengelolaan sumber daya alam.

    Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
    Penulis : Drs. Nur Chamid, MM.
    Sebagai sebuah studi ilmu pengetahuan modern ilmu ekonomi islam memang muncul pada tahun 1970-an, tetapi ternyata pemikiran bahkan sejak islam itu diturunkan melalui nabi muhammad SAW karena rujukan utama pemikiran ekonomi islam aldalah al-quran dan hadits. Maka tentu saja adanya pemikiran ekonomi ini juga bersamaan diturunkannya al-quran dan masa kehidupan rasulullah SAW pada akhir abad ke 6 M hingga awal abad 7 M. Setelah masa tersebut para ulama banyak memberikan kontribusi karya pemikiran ekonomi. Karya-karya mereka sangat berbobot, yaitu memiliki dasar argumentasi religius dan sekaligus intelektual yang kuat serta kebanyakan didukung oleh fakta empiris pada waktu itu. banyak diantaranya juga sangat futuristik dan baru dikaji oleh pemikir-pemikir barat ratusan abad kemudian. pemikiran ekonomi dikalangan pemikir muslim banyak mengisi khasanah pemikiran ekonomi dunia pada masa dimana barat masih dalam kegelapan. pada masa tersebut dunia islam justru mengalami puncak kejayaan dalam berbagai bidang.
    Pada saat ini memang perkembangan pemikiran ekonomi islam kurang dikenal dan kurang berpengaruh dalam kelompok masyarakat, hal tersebut dikarenakan kajian-kajian pemikiran ekonomi islam kurang tereksploitasi ditengah maraknya ilmu ekonomi konvensioanal yang lebih banyak digunakan,oleh negara maju maupun berkembang. Akibatnya, perkembangan ekonomi islam, yang telah ada sejak tahun 600 M, kurang dikenal oleh masyarakat. Hal ini menjadikan pemikiran-pemikiran ekonomi islam kurang mendapat perhatian yang baik dan masyarakat tidak mendapat informasi yang memadai.

    Model Pengembagan Ekonomi Pesantren
    Penulis : Choirul Fuad Yusuf dan Suwito NS, et al
    Aktivitas ekonomi adalah satu sarana untuk hidup sejahtera yang menjadi anjuran agama. Lebih-lebih jika dikaitkan dengan ungkapan kemiskinan mendekatkan pada kekufuran, maka pemikiran tentang pengembangan ekonomi adalah hal yang sangat penting. Buku ini merupakan hasil penelitian yang difokuskan pada identifikasi model pengembangan ekonomi berbasis pesantren.

    Produk Standar Ekonomi Syariah Dalam Kilas Sejarah Telaah Kitab Fathul Qarib Al-Mujib Tentang Bisnis
    Penulis : Nashilul Ibad Elhas
    Dalam buku ini penulis berusaha menemukan kolerasi antara kitab satu dengan kitab yang lain dalam kitab fathul Qarib al-mujib, serta antara kitab-kitab tersebut dengan konteks zaman masing-masing. Dalam buku ini juga membandingkan akad-akad muamalat yang termaktub dalam kitab Fatul Qarib al-mujib demngan konsep bisnis syariah yang menjadi produk standar perbankan syariah di Indonesia.

    Ekonomi Mikro Islam
    Penulis : Sukarno Wibowo dan Dedi Supriyadi
    Dalam buku ini menguraikan pandangan para ulama tentang ekonomi mikro islam. Sehingga pesan-pesan islam tentang ekonomi dapat dicerna lebih mendalam dan dipahami untuk memudahkan operasionalisasinya dalam kehidupan. Buku ini juga membahas tentang : ruang lingkup makro dan mikro, ekonomi islam dan paradigma rancang bangunnya, aliran-aliran ekonomi islam, konsep mekanisme pasar dalam islam, konsep produksi dan konsumsi dalam islam, dan konsep harga dalam islam.

    Pemikiran Ekonomi Islam Abu Yusuf Relevansinya Dengan Ekonomi Kekinian
    Penulis : M. Nazori Majid
    Dalam buku ini menyajikan kajian mendalam tentang kerangka filosofi moral dan nilai-nilai yang dalam. Maka wujud yang lebih konkrit sistem ekonomi islam sebetulnya dapat dipahami dalam bentuk prinsip-prinsip dasar seperti dalam hal kepemilikan baik bersifat umum maupun individual distribusi harta, produksi, konsumsi, mekanisme pasar, persoalan riba atau keuangan, sumber daya manusia, zakat, dan sejumlah nilai-nilai yang sangat mewarnai sistem ekonomi islam. Walaupun buku ini masih memfokuskan tema keuangan publik yaitu pajak.
    Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perspektif Islam
    Penulis : Taqayuddin An-Nabawi
    Buku ini merupakan deskripsi analisis sitem ekonomi islam, sekaligus menjadi koreksi-koreksi terhadap ekonomi kapitalis dan sosialis dewasa ini. Buku ini mengantarkan aplikasi tata ekonomi islm, dengan struktur modern yang didasarkan pada kaidah-kaidah syariat islam yang universal dengan merujuk al-qur’an dan as-sunnah.

    Keuangan Publik Islami Pendekatan Teoretis dan Sejarah
    Penulis : Nurul Huda, dkk
    Buku ini secara umum menguraikan tentang apa itu keuangan publik sejauh mana peran pemerintah dalam keuangan publik, peran ekonomi zakat dan non zakaa, kebijakan fiskal dalam anggaran belanja kebijakan utang perspektif ekonomi islam. Institusi keuangan publik dalam ekonomi islam. Serta sedikit aplikasi kasus fiscal policy di negara Middleeas.


    Sistem Ekonomi Islam : Prinsip Dasar
    Penulis : Dr. Muhammad Sharif Chaudry, M.A., LLB., Ph.D.
    Sejak gelombang krisis moneter yang menghantam Indonesia beberapa tahun yang lalu, ekonomi Islam perlahan mulai dilirik oleh banyak kalangan. Ketangguhan institusi keuangan berbasis ekonomi Islam dalam menghadapi amukan gelombang tersebut membuktikan bahwa gagasan ekonomi Islam bukan hanya teori di atas kertas, tetapi juga aplikatif bahkan dalam kondisi yang kurang menguntungkan secara global. Di sisi lain, ketangguhan tersebut pada akhirnya menarik banyak pihak untuk menggali lebih dalam konsep ekonomi dalam literature keislaman, mengorganisasikan berbagai konsep tersebut ke dalam sistematika ilmu ekonomi modern, dan melakukan pengkajian demi pengkajian demi implementasi di lapangan dalam skala yang semakin besar.

    Ekonomi Qur’ani : Doktrin Reformasi Ekonomi Dalam Al-Qur’an
    Penulis : Misbahul Munir A. Djalaluddin
    Dalam hal ide tentang sistem ekonomi Islam dimunculkan kembali sebagai respon terhadap sistem-sistem ekonomi yang telah ada (kapitalis dan sosialis) yang telah dianggap gagal, sekaligus memberikan solusi alternative terhadap berbagai persoalan ekonomi yang selalu muncul dan berkembang. Dikatakan demikian karena substansi ekonomi Islam sebenarnya telah termatub dalam Al-Qur’an dan Sunnah sebagaimana yang dipraktikkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat serta yang digali dan dikembangkan oleh para ulama setelahnya, namun belum sempat dibukukan dalam sebuah disiplin keilmuan secara spesifik. Dari kajian tersebut kita bisa melihat betapa ekonomi Islam telah memberikan beberapa solusi alternative yang selama ini tidak bisa didapatkan dalam sistem ekonomi konvensional. Hal ini karena ekonomi Islam tidak pernah dan tidak akan memisahkan aspek positivistic dan normative dalam setiap kajiannya. Dua aspek tersebut menjadikan ilmu ekonomi memiliki dimensi nilai ketuhanan, keadilan, humanism dan kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat.
    Lembaga Ekonomi Syari’ah
    Penulis : Muhammad
    Buku ini terdiri dari delapan bab yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Dua fokus utama yang menjadi titik tekan pembahasan buku ini, yaitu lembaga ekonomi dan keuangan Islam, Bank dan lembaga ekonomi dan keuangan Islam non-bank yang meliputi bait al mal, pegadaian syariah, asuransi syariah, dan koperasi syariah.

    No comments:

    Post a Comment

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You

    Review Lengkap Notebook ASUS Vivobook S14 S433: Membawa Spirit Dare To Be You Menjadi diri sendiri adalah salah satu kunci sukses menggapa...